Penelitian ini merupakan meneliti tentang peranan
Marching Band dalam meningkatkan kreatifitas siswa, dimana Marching
Band merupakan kegiatan baris-berbaris yang mengandung banyak unsur seni
didalamnya yang dapat mengembangkan fungsi otak kanan dan kiri sehingga
dapat mengembangkan kreatifitas siswa. Tujuan dalam penelitian ini
peneliti ingin mengetahui peranan marching band dan respon siswa
terhadap pembelajaran Marching Band serta mendeskripsikan materi
pembelajaran yang diberikan pelatih kepada anggota Marching Band MAN 1
Medan.
Penelitian ini berdasar kepada landasan teoritis yang menjelaskan
bagaimana Marching Band dapat menjadi salah satu kegiatan yang dapat
mengembangkan kreatifitas siswa, kemudian dianalisis secara sistematis
untuk memperdalam atau menginterpretasi data secara spesifik dalam
rangka menjawab keseluruhan pertanyaan penelitian.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian
kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh anggota Marching Band di MAN 1 Medan, karena jumlah
populasi besar, peneliti memperkecil dengan mengambil sampel dari
anggota marching band MAN 1 Medan sebanyak 28 orang. Pengumpulan data
dilakukan melalui wawancara, observasi, dokumentasi, studi pustaka, dan
angket. Setelah data-data terkumpul dari lokasi penelitian, kemudian
peneliti melakukan analisis untuk menjawab seluruh pertanyaan penelitian
yang terdapat pada pembatasan masalah. Analisis data dilakukan dengan
menggunakan teknik deskriptif yang dideskripsikan secara bertahap sesuai
dengan topik permasalahan, kemudian data-data diklasifikasikan sesuai
isi yang bertujuan untuk menjawab pertanyaan penelitian.
Setelah analisis dilakukan, ditemukan hasil bahwa marching band MAN 1
medan memiliki beberapa tahap dalam pemberian materi pembelajaran
Marching Band yakni materi pembelajaran kepada anggota pemula yang
meliputi pengenalan nama-nama instrument Marching Band, pengenalan
fungsi instrumen dalam Marching Band, pengenalan teori dasar musik, dan
pengenalan cara memainkan instrumen dalam Marching Band, setelah anggota
pemula menguasai materi tersebut kemudian pelatih memberikan materi
pembelajaran dalam bentuk partitur lagu. Marching Band juga mendapatkan
peranan yang sangat baik dalam lingkungan sekolah serta mendapatkan
respon yang positif terhadap pembelajaran Marching Band di MAN 1 Medan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar